Kendaraan multifungsi (MPV) memang tidak akan pernah ada matinya. Semuanya bermuara di kebiasaan orang Indonesia yang suka berkelana beramai-ramai. Nah, bagi mereka yang memiliki budget pas-pasan, maka kendaraan di segmen low MPV adalah jawabannya. Di dalamnya ada Toyota Avanza-Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, dan Honda Mobilio.

Sejauh ini, keempat mobil itu masih ‘kipas-kipas’ menikmati pangsa pasar yang mereka kuasai. Apalagi mereka baru saja mendapatkan penyegaran secara desain. Dan kalau Anda kebingungan memilih, kami bisa bantu. Sebelum Mitsubishi Expander (XM Concept) hadir bulan Agustus 2017 nanti.

Mesin
Spesifikasi low MPV
Avanza/Xenia yang dibekali dengan dua pilihan mesin. Yang pertama berkapasitas 1,3 liter DOHC empat silinder, dan yang lainnya adalah 1,5 liter DOHC. Kedua mesin ini sudah dibekali dengan teknologi pengapian Dual VVT-i yang menjamin pembakaran elbih sempurna sehingga tenaga dan efisiensi bisa terjaga setiap saat. Mesin 1,3 tersedia untuk varian Avanza E dan G (dengan pilihan transmisi otomatis atau manual)

Suzuki Ertiga juga dibekali dengan dua pilihan mesin. Bahkan yang satu ini terbilang inovatif karena selain mesin bensin berkapasitas 1,4 liter, MPV ini dibekali dengan pilihan mesin diesel 1,3 liter. Yang terakhir ini bahkan terbilang fenomenal karena memiliki sistem hybrid yang terlihat canggih padahal sebenarnya sederhana. 

Nah, di sisi lain, Honda Mobilio dibekali dengan mesin lama yang sudah terbukti ketangguhannya. Inilah mesin empat silinder berkapasitas 1,5 liter SOHC dengan imbuhan i-VTEC. Mesin berkode L15 ini bisa Anda temui di setiap generasi Honda Jazz, City, Freed hingga sekarang. Dan lebih dari itu, blok mesin L15 juga digunakan oleh Honda Civic Turbo dan CR-V turbo yang baru muncul.

Dimensi dan Kelegaan Kabin

Avanza vs Ertigavs Mobilio2 (1)
Percaya atau tidak, dimensi panjang Avanza adalah yang paling minim, seperti yang bisa dilihat di tabel. Panjang Suzuki Ertiga ada di atasnya, sementara Mobilio menjadi yang paling panjang. Ini artinya, Mobilio kemungkinan punya kapasitas bagasi paling besar. Namun saat berbicara soal sumbu roda, Suzuki Ertiga adalah juaranya.

Sumbu roda panjang biasanya menjanjikan kabin lebih lega. Betul Tapi jok Ertiga yang tebal membuat kabin terasa sempit. Sementara itu, Mobilio dengan wheelbase lebih pendek, mengakali efek kelegaan itu secara visual dengan bentuk kursinya.

Avanza menjadi mobil yang paling mungil di kelas ini namun postur tubuhnya yang tinggi membuatnya terlihat panjang, dengan ground clearance tinggi. Inilah kelebihan sebuah mobil yang berdiri diatas ladder frame (chassis tangga) dimana body dipasangkan ke chassis. Kedua rivalnya mengandalkan platform monokok, body disatukan dengan frame. Hasilnya, mobil seperti ceper padahal ground clearance-nya tidak jauh dengan Avanza.

Efeknya? Avanza mungkin akan lebih tangguh. Namun Ertiga dan Mobilio lebih nyaman. Selain itu, Lantai Avanza harus diakali untuk mengakomodir ruang transmisi dan as kopel untuk menggerakan roda belakang. Sedangkan Ertiga dan Mobilio tidak memerlukan hal itu karena keduanya mengaut penggerak roda depan (FWD). Mobil FWD selain lebih nyaman juga memiliki penyaluran tenaga dari mesin yang lebih instan. Kekurangannya? Konstruksi kaki depan lebih ribet ketimbang gerak roda belakang seperti Avanza/Xenia.

Fitur

Kami akan mengambil sampel dari varian tengah Avanza 1.5G A/T, (bukan Veloz), Ertiga GX A/T(tanpa Drezza) dan Mobilio E CVT. Kenapa? Karena harganya berdampingan dan populasinya paling banyak. Dan sebagai pelengkap, Anda bisa lihat juga harga Ertiga Diesel Hybrid. Siapa tahu Anda penasaran ingin meminangnya. Karena yang pasti kami sih, naksir.


Avanza 1.5G hadir dengan head unit multimedia 6,1 inchi yang berkemampuan memutar beragam format audio atau video. Ertiga, lupakan saja. Mobil ini masih dibekali dengan audio monochrome. Baik Avanza maupun Ertiga juga masih mengandalkan sistem AC berpengendali kenop manual.

Hal ini membuat Mobilio yang baru saja berubah wajah menjadi jumawa. Di dalam kabinnya hadir layar multimedia multifungsi berukuran 6,2 inchi. Tidak hanya itu, pengendali AC sudah digital dan menjadikannya Low MPV dengan fitur paling OK.

Kesimpulan

Mobilio facelift (5)
Mobilio terasa paling pas

Sekali lagi, kalau disuruh memilih, idealisme kami bilang Ertiga Diesel. Tapi tentu saja itu pendapat sepihak seorang penggemar mobil diesel. Kalau mau lebih jeli, Honda Mobilio adalah yang paling kompromi.

Tepatnya Mobilio E CVT. Platform nyaman, mesin terbukti tangguh sejak jaman Jazz generasi pertama, interior paling lumayan dengan konfigurasi yang fleksibel. Belum lagi, hanya Mobilio yang punya rem dengan ABS dan EBD. Kalau punya uang lebih, bolehlah varian RS dipinang. Fiturnya lebih lengkap.

Sumber : www.oto.com


Harga Mobilio Pekanbaru Riau, Harga Mobil Bekas Mobilio Pekanbaru Riau, Paket Kredit Honda Mobilio Pekanbaru Riau, Spesifikasi Honda Mobilio Pekanbaru Riau, Sales Mobil Honda Mobilio Pekanbaru Riau, Cashback Honda Mobilio Pekanbaru Riau, Promo Honda Mobilio Pekanbaru Riau, Spesifikasi Honda Mobilio Pekanbaru Riau, Alamat Showroom Honda Pekanbaru, Dealer Resmi Honda Pekanbaru Riau, Honda Soekarno Hatta Pekanbaru, Honda Arista Sudirman Pekanbaru, Honda SM Amin Pekanbaru, Showroom Mobil Bekas Pekanbaru, Harga Honda Mobilio Dumai, Harga Honda Mobilio Duri, Harga Honda Mobilio Selat Panjang, Harga Honda Mobilio Bengkalis, Harga Honda Mobilio Indragiri Hilir, Harga Honda Mobilio Indragiri Hilir, Harga Honda Mobilio Rokan Hulu, Harga Honda Mobilio Rokan Hilir, Harga Honda Mobilio Siak Indragiri, Harga Honda Mobilio Perawang, Harga Honda Mobilio Kampar bangkinang, Harga Honda Mobilio Pangkalan Kerinci, Harga Honda Mobilio Taluk Kuantan
Honda Arista Air Molek air molek,Honda Arista Air Molek pelalawan,Honda Arista perawang,Honda Arista Pangkalan kerinci,Honda Arista rohul ujung batu, Honda Arista dumai , Honda Arista duri
 
Top